Kekompakan Para Pahlawan Lingkungan Menghangatkan Seminar BEST di German Center, Serpong


Fantastis!!! Bukan luar biasa lagi. Apa yang mencuat dalam acara Seminar Sehari bertema, “Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat & Dampaknya Terhadap Perubahan Iklim” di lantai 7 Gedung German Center, BSD, Serpong, Tangerang Selatan, pada Selasa, 29 Mei 2012, kemarin, betul-betul menampakkan suasana kekompakan dari semua yang hadir. Mulai dari para pejabat dari Dirjen Cipta Karya Kementerian PU, Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Staf Ahli Walikota Tangerang Selatan, Dinas Tata Kota Bangunan dan Pemukiman Tangerang Selatan, panitia dari BEST (Bina Ekonomi Sosial Terpadu), BORDA & IDRC, para peserta dari hampir semua KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) di Tangerang Selatan, para peninjau dan yang paling heboh hadirnya “Geng Sampah” (bukan geng motor) alias para pemulung.

Para Pembicara dari Direktorat PPLP, Dinas TKBP dan BORDA


Wakil dari Dirjen Cipta Karya membuka Seminar BEST


Para pembicara dari Staf Ahli Pemkot Tangsel, Direktur BEST dan KSM Griya Resik, Serpong

Yang menarik, kami para peserta dibagi ke dalam 5 kelompok diskusi yang bernama, Manfaat TPS 3R, Composting, Recycle, Residu, serta Perawatan dan Operasional TPST. Saat diskusi itulah, terlihat kekompakan itu. Meskipun kami banyak berbeda pendapat dan ada adu argumen, namun dapat terjaga suasananya tetap menjunjung tinggi kebersamaan dan kedewasaan dalam mengambil keputusan. Jika dianalisa, mereka sebenarnya bukan ingin beradu argumen, tetapi lebih mengarah pada pamer pengalaman dalam mengatasi persoalan menghadapi warga yang kurang mendukung program pengelolaan sampah dan keinginan untuk menunjukkan apa saja yang telah dilaksanakan dalam program pengelolaan sampah ini di KSM masing-masing.

Suasana peserta asyik berdiskusi di kelompok Recycle


Peserta diskusi dari kelompok Manfaat TPS 3R


Unjuk pengalaman berujung kekompakan

Perlu diberikan pujian khusus bagi Pemkot Tangerang Selatan, bahwa mereka telah berhasil membangun 12 unit TPS 3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reduce Reuse Recycle) sejak tahun 2010 dan pada tahun 2012 ini akan membangun 13 unit TPS 3R lagi. Sampai tahun 2014 direncanakan akan dibangun sampai berjumlah 54 unit. Sepertinya belum ada di daerah lain di Indonesia yang semaju Kota Tangerang Selatan dalam hal keseriusan memberdayakan masyarakat untuk turut serta berperan aktif mengelola TPS 3R tadi. Memang masih ada beberapa kendala yang muncul, seperti masih adanya penolakan warga untuk memilah sampah, membayar iuran sampah dan membuang sampah sembarangan, sampai adanya ketegangan dengan tukang sampah yang tidak ikut dalam kelompok KSM. Namun itu semua dijadikan tantangan oleh mereka, mengingat mereka sadar tugas yang sedang dijalankan ini adalah suatu tugas mulia dalam rangka menyelamatkan bumi dan generasi masa depan kita semua.

Saya yang hadir selaku peninjau mewakili LSM Tim Kelola Sampah Terpadu dalam kesempatan tersebut, sungguh merasa bersyukur telah bertemu dan berkenalan dengan para pahlawan lingkungan hidup. Apa yang mereka lakukan, bukan sekedar menanam ribuan pohon untuk dilihat orang siapa penanamnya, namun jauh lebih berat dari itu. Mereka mengambil alih tanggung jawab pemerintah dalam menangani sampah sesuai UU No. 18 Tahun 2008 tentang Penanganan Sampah, bahwa di antaranya masyarakat berhak untuk terlibat aktif dalam pengelolaan sampah, sedangkan pemerintah hanya memfasiitasi kegiatan pengelolaan sampah tersebut. Artinya saat ini KSMlah yang berhadapan dengan warga yang notabene adalah tetangganya sendiri untuk memahamkan mereka betapa pentingnya memilah sampah dan mengelola sampah menjadi hal-hal yang bermanfaat. Pantaslah mereka disebut Pahlawan Tanpa Tanda Pangkat. Sekali lagi, fantastis!!!

Suasana kunjungan ke KSM Rumah Kompos Vipamas


TPS 3R Rumah Kompos Vipamas kebanggaan kami sebagai salah satu percontohan di Tangerang Selatan


Bagian Keuangan BEST setia menunggu sampai acara kunjungan selesai, karena akan membagikan …

Iklan
By bersihdiriblogger

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s